Latest News

Wednesday, October 5, 2016

Orang Miskin Jaman Sekarang Lebih Enak Dibanding Jaman Dulu?

 


alirantransparan.blogspot.co.id - APA YANG AHOK LAKUKAN BIKIN GUE IRI BANGET SEBAB PEMERINTAH SAAT ITU PERNAH BERLAKU TIDAK ADIL TERHADAP GUE DAN ORANG2 MISKIN LAINNYA. 

Jadi orang miskin jaman sekarang enak ya. Tinggal bangun rumah di tanah negara, tunggu gusuran lalu direlokasi ke rusunawa sekualitas apartment, fully furnished pula. Tidak perlu menabung, tiba2 dapat rusunawa mewah. Bandingkan aja harga apartment sekarang. 

Bandingkan dengan rumah pertama yang gue beli tahun 1990, berupa RSS (Rumah Sangat Sederhana) Cipondoh Makmur, Tangerang, Tipe 21, cicilan sebesar Rp 21 ribu/bulan selama 20 tahun, uang muka (DP) sebesar Rp 2,5 juta. Jadi kagak gratis ya. Cuma kentut doang yang gratis. 

Kalian mau tahu kondisi RSS tersebut?? 

Kualitas bangunannya amit-amit pake banget. Kusen mengsong, pintu mengsong, dinding batako dengan plesteran super irit semen sehingga bila disentuh jari aja tuh plesterannya gompel. Tidak ada kamar jadi ya blong aja begitu. Ada halaman kecil di depan tapi tidak ada pagarnya. Sempat ditipu sama orang pemasarannya pula. Bilangnya ada air PAM, gak tahunya cuma pompa dragon (pompa tangan) yang waktu dipasang kagak keluar air. Jadi harus panggil tukang gali sumur/tukang bor alias keluar biaya lagi karena ternyata lubangnya cetek banget cuma 3 meter jadi harus dibor lagi hingga 12 meter sampe keluar air. Bangsat banget pengembangnya :(

 
Gue hidup irit banget biar bisa nabung buat renovasi rumah. Setahun terkumpul tabungan gue pake buat renovasi bagian depannya dulu biar tuh rumah kagak kelihatan jelek banget. Ganti pintu, kusen, dan jendela karena kayunya rusak dimakan rayap. Tembok depan terpaksa dibobol abis/dibuang. Pasang bata biar kuat. Demikian seterusnya proses renovasi gue lakukan secara bertahap dan selesai selama lima tahun. Bayangkan aja buat renovasi rumah sekecil itu aja gue butuh lima tahun menabung dengan hidup irit seirit-iritnya. 

Soal lokasi??? 

Aduhhhhhh perasaan jauh banget. Ada kereta rute Jakarta - Tangerang tapi kondisinya persis kayak kandang ayam, jorok dan dekil. Jadwalnya juga tidak menentu. Kadang ada, kadang tidak ada, sampe2 gue illfeel banget sama yang namanya PT KAI. Itulah sebabnya gue sempat norak banget bikin rekaman video kereta api sekarang. Kualitasnya superb dah dibandingkan di era gue dulu, tuh kereta persis kayak gerobak sampah. Jadi gue lebih memilih naik angkot dan bis sementara lokasi gue kerja di lima wilayah Kota Jakarta sebagai guru les. Kerjaaan gue dulu muterin Jakarta. Bener2 gue tua di jalan. 


Sedih banget kalo gue ceritain kondisi tahun tahun awal gue berumah tangga. Semua gue lakukan demi anak istri, keluarga kecil gue karena gue mau hidup mandiri, ogah ngontrak apalagi bangun gubuk di tanah negara atau bantaran kali. Selain menyalahi aturan, kalo dibongkar bikin sakit hati. Gue ogah sakit hati. Di era gue dulu, sudah sering terjadi pembongkaran rumah2 liar. Memang warganya aja yang pada bandel. Mereka balik lagi dan lagi.(Sandrak L Bintang via Ary Prasetyo Fb)

No comments:

Post a Comment