Latest News

Tuesday, September 11, 2018

Gw kasih tau ama elo ya biar rada pinteran sedikit.

Janji Kampanye
( Postingan dumai anak milenial )
Temen gw bilang kalo wowok jadi presiden, harga harga bakalan pada murah. Gw mo ngakak ngeliat muka mereka kaya habis mabok lem aibon. Gimana engga ngakak.? Emangnya wowok pedagang bisa menentukan harga murah? Emangnya sandi pedagang bisa menentukan barang murah. Kenapa? harga naik turun itu yang tentukan pasar, bukan presiden. Gw kasih tau ama elo ya biar rada pinteran sedikit. Harga naik karena faktor permintaan dan penawaran. Kalo Permintaan tinggi penawaran rendah nah harga akan naek. Orang akan terpacu berproduksi bila harga naek lebih cepat daripada upah. Mengapa ? Ya motif produksi kan harus mencari laba sebesar mungkin. Semua pemerintah didunia modern paham ini.
Selagi upah terus naek , harga kagak bakalan turun. Ini teori inflasi. Nah elo nanya kalau gitu, dimana fungsi pemerintah ? tugas pemerintah mengendalikan harga bukan menentukan harga. Cara kendaliinnya ya lewat inflasi. Kalau inflasi kegedean orang males belanja. Sebaliknya kalau inflasi terlalu rendah juga orang males produksi. Nah tugas negara ngatur biar inflasi engga ketinggian tetapi juga engga kerendahan. Orang bisa belanja, produsen bisa buat barang untuk jualan. Barang selalu ada dipasar. Pembeli akan selalu ada dipasar. Selagi keadaan ini dijaga maka aktifitas perdagangan akan terus ada, ekonomi bergerak. Yang rajin dan kreatif dapat untung. Yang malses dan bego ya rugi. Ini hukum alam.
Lapangan kerja? semua capres punya tugas dari UU untuk ciptain lapangan kerjaan. Siapapun yang menang itu udah tugas dia. Tapi bukan nyediain kerjaan menurut elo mau. Elo yang harus ngikuti kerjaan. Kerjaan yang sesuai skill elo. Nah kalo elo kagak ada skill, cuma ada ijazah doang , tapi pengen gaji gede, mending elo buruan cuci muka. Bangun cing!. Jangan kelamaan tidurnya. Engga baek jadi orang males tapi kegedean mimpinnya. Gwa saran, elo harus ada kemaun belajar keras untuk tingkatkan skill elo dan terus mencari peluang apa aja yang bisa ngasilin duit. Kagak ada kerjaan yang cocok, ya ketemu sungai, elo ngojek rakit. Ketemu laut, elo mancing. Ketemu tanah, elo betani. Ketemu pasar ,elo dagang. Yang jelas disetiap sudut bumi ada peluang. Itu kalau elo percaya Tuhan. Paham elo.!
Didunia ini hanya ada dua negara yang jamin elo dapat kerjaan dan jamin segala murah karena subsidi. Mo tahu eloe ? satu, korea utara. Presiden gila jaim dan paranoid. Semua orang pasti dapat kerjaan. Ya, harus kerja. Engga kerja nyawa elo melayang. Gaji sesuka negara kasih elo. Elo engga bisa bebas belanja sesuka elo? Apapun di jatah. Protes ? salah ngomong dibazoka sama serdadu? Kedua, Venezuela, apapun murah tapi barang kagak ada. Gaji gede tapi hanya cukup beli popok bayi ama emi semangkok. Duit jadi sampah dan lebih murah dari tissue toilet. Kalau elo percaya dengan janji capres bakalan nurunin harga, itu kebangetan begonya. Lebih bego dibandingkan rakyat korea utara dan Venezuela.
*Generasi kita, generasi milienial. Jangan kayak ortu kita yang gampang dibegoin ama presiden mantan serdadu, yang modalnya bedil tapi otak kosong. Selama dia berkuasa , kerjaannya KKN, bikin kaya keluarga dan kroninya. Dan Ortu elo cuma kebagian dikit. Ampe sekarang terus aja ngeluh. Kalau gw pilih Jokowi karena gwa engga mau dibegoin dengan janji yang engga masuk akal. Mending tuh om wowok dan sandi , buat program yang masuk akal aja. Contoh gimana caranya dia jaga inflasi dan tingkatkan produksi? gw mau denger. Apa lebih hebat dari Jokowi? Kalo hanya janji harga murah dan sediain lapangan kerja, tapi engga tahu gimana caranya, ya kampret juga bisa.

https://www.facebook.com/abarus/posts/10214973728009748?__tn__=K-R

No comments:

Post a Comment