Latest News

Thursday, December 4, 2014

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat getol mengamankan kedaulatan maritim



Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat getol mengamankan kedaulatan maritim


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat getol mengamankan kedaulatan maritim. Karena menurut Jokowi, selama ini permasalahan maritim di Indonesia tak diperhatikan secara serius.

Jokowi mengaku kesal karena banyak kapal nelayan asing seenaknya nyelonong masuk ke perairan Indonesia tanpa izin. Akhirnya Jokowi menginstruksikan kepada TNI AL agar tegas menindak kapal nelayan asing itu, terutama para maling ikan.

Jokowi menginstruksikan otoritas keamanan laut menenggelamkan kapal asing yang beroperasi tanpa izin. "Enggak usah tangkap-tangkap, langsung saja tenggelamkan. Tenggelamkan 10 atau 20 kapal, nanti baru orang mikir," kata Jokowi saat itu di Istana Negara pekan lalu.

Jokowi meyakini sikap keras itu akan memicu kalkulasi negara tetangga untuk ikut menjaga warganya masing-masing agar tidak sembarangan memasuki wilayah Indonesia. "Jadi ramai nanti negara lain," kata Jokowi berseloroh.

Namun pernyataan Jokowi itu judtru dianggap lebay oleh salah satu media massa "Utusan" dari Malaysia. Media itu mengecam keras kebijakan Jokowi soal sikat kapal nelayan asing.

Malaysia justru tak gentar dan bisa balik melawan dengan caranya sendiri. Salah satu caranya Malaysia mengancam akan menyikat balik TKI ilegal.


Source : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10204729684593440&set=gm.420764948106807&type=1&theater

No comments:

Post a Comment